Pemandu wisata penting banget fungsinya selama Sahabat melakukan perjalanan wisata. Nggak hanya menemani selama tour, mereka juga akan menerangkan seluk beluk objek wisata yang dikunjungi dan menjamin keselamatan Sahabat di tempat wisata. Untuk itu, jangan sampai salah pilih pemandu wisata ya. Jangan sampai Sahabat kecewa karena mendapat pemandu yang kurang kompeten. Agar hal itu tidak terjadi, yuk simak dulu tips memilih pemandu wisata berikut ini.

Memilih agen travel profesional

Tips memilih pemandu wisata yang pertama adalah profesional. Pemandu wisata profesional punya keterampilan komunikasi yang baik dan mengetahui destinasi yang akan dikunjungi secara detail. Sahabat bisa meminta rekomendasi dari teman atau keluarga untuk mendapatkan agen travel yang profesional. Agen travel profesional tak hanya mengejar transaksi sekali saja, tapi juga membangun hubungan jangka panjang dengan klien.

Cari pemandu wisata dari agen travel dengan jaringan luas

Agen travel dengan jaringan luas menunjukkan bahwa mereka benar-benar kredibel. Pastikan Sahabat memilih agen travel yang punya koneksi dengan industri pariwisata seperti asosiasi agen travel, jaringan hotel, operator tempat wisata menarik, jasa rental kendaraan, kapal pesiar, dan maskapai penerbangan.

Jangan tergoda harga miring

Persaingan menyebabkan agen travel berusaha menawarkan harga murah dan berbagai promo. Tetapi Sahabat jangan buru-buru tergoda dengan tawaran paket murah. Perhatikan dengan teliti rincian paket meliputi transportasi, logistik, akomodasi, lama perjalanan, dan tempat-tempat yang didatangi. Yang paling penting, fasilitas memadai dan tidak menyusahkan.

Teliti dulu paket promo yang ditawarkan

Jangan malas meminta penjelasan soal paket liburan yang ditawarkan supaya tidak kecewa di belakang. Sahabat perlu tahu apakah paket sudah termasuk kendaraan jemputan, tiket masuk tempat wisata, makan siang, snack, dan asuransi.

Cermati rute perjalanan wisata

Rute perjalanan wisata Indonesia penting untuk Sahabat ketahui. Pilihlah agen travel yang menawarkan paket wisata dengan tujuan yang Sahabat inginkan. Jika ada 10 tempat wisata yang ada dalam daftar, setidaknya 7 tempat wisata memang benar-benar pengen dikunjungi. Kalau Sahabat menginginkan banyak waktu sendiri, pilih agen travel yang menawarkan sedikit tempat wisata dan banyak waktu bebasnya.

Sejak awal Sahabat harus memahami itinerary meliputi lama perjalanan, durasi kunjungan, destinasi wisata tujuan, transportasi, dan fasilitas yang diberikan. Gali juga informasi tentang hotel tempat menginap untuk membantu mengenal seluk beluk dan lokasinya.

Ketahui tour leader dan tour guide

Tour leader bertugas membantu dan menemani Sahabat dari bandara keberangkatan sampai kembali. Sementara tour guide yang akan memandu Sahabat selama berkunjung ke tempat-tempat wisata. Ketahui apakan Sahabat akan ditemani tour guide atau tour leader.

Baca ulasan dari traveler lain

Pengalaman traveler lain menggunakan jasa pemandu wisata yang dipilih Sahabat sangat membantu untuk mendapat gambaran tentang layanan mereka. Carilah info sebanyak-banyaknya dari teman, saudara, atau dari internet.

Demikian tips memilih pemandu wisata demi kenyamanan dan keamanan serta kepuasan Sahabat selama berwisata. Utamakan Sahabat teliti sebelum memilih, agar tidak menyesal kemudian.

Baca Juga Artikel Lainya:

Wisata Bali

Tempat Wisata Di Jembrana

Tempat Wisata Di Badung

Tempat Wisata Di Bedugul

Tempat Wisata Di Buleleng

Tempat Wisata Di Maluku

Wisata Di Ambon

Tempat Wisata Di Tual

Tempat Wisata Di NTB

Wisata Lombok

Tempat Wisata Di Sumbawa

Tempat Wisata Di NTT

Wisata Sumba

Tempat Wisata Di Flores

Wisata Timor Tengah Utara